Seperti Apa Sih Otaku Di Indonesia ?

| Tuesday, November 18, 2014
Otaku adalah sebutan atau istilah untuk orang yang menekuni atau menggemari segala hal berbau jepang, contohnya orang - orang yang suka nonton dan mengoleksi Anime, Dorama, Tokusatsu, suka membaca dan menggambar Manga, menggunakan kostum karakter - karakter Jepang alias Cosplay, dengerin dan ngumpulin lagu - lagu jepang.

Saya disini tidak membahas sejarah otaku lebih jauh karena pasti sudah banyak Web atau Blog lain yang membahas tentang sejarah Otaku. Disini saya akan membahas tentang hobi - hobi otaku dan juga kebiasaan para otaku di Indonesia.

Hobi mengoleksi Anime, Dorama, Tokusatsu, MP3/ PV Jepang
Buat yang suka nonton anime, dorama, toku dan segala yang visual dari hobi jejepangan, pasti pada umumnya mereka dapetin itu semua dari Download biarpun banyak juga yang beli original. Nah buat yang suka download pasti ada satu masalah yang jadi momok buat para otaku yaitu HDD pada PC atau Laptop jadi penuh, padahal downloadnya lama banget truz buat ngumpulin itu semua gak gampang, tapi karena udah penuh juga dengan alibi "ah udah nonton semua sampai tamat" atau "ah saya udah apal semua lagunya" kemudian koleksi yang udah kita kumpulkan dengan penuh perjuangan itu di hapus dengan berat hati.

Tapi ada juga yang sengaja beli HDD External dengan memori besar bergiga - giga untuk menyimpan semua koleksi yang udah di download dan barter sama temen - teman, padahal satu hari nanti pasti HDD itu bakal penuh lagi karena seringnya kita UpDate.

Nah tips nih buat yang udah download atau koleksi semuanya sampai tamat, biar koleksi itu tetap bisa jadi milik kita selamanya, lebih baik seluruh file yang udah komplit itu di bakar ke DVDR, jadi kalau kita mau hapus udah gak takut lagi ^_^

Hobi ngoleksi benda - benda Jejepangan dari yang murah sampai yang mahal
Buat para otaku, ngoleksi benda - benda atau barang - barang kaya Komik Manga, Action Figure, CD Original, Aksesoris dari yang sekedar pelengkap style sampai yang digunakan untuk ber-Cosplay Ria kaya pedang, headband, shuriken, kunai, pistol, dll, udah jadi kewajiban untuk menunjukan jati diri kita sebagai seorang otaku sampai kamar kita penuh dengan barang - barang tersebut, walaupun gak semua otaku sampai segitunya, tapi saya akan bahas para otaku yang suka ngoleksi semua barang berbau jepang.
 Gambar kamar pribadi Otaku
Pengalaman yang saya dapetin dari teman - teman saya, ada beberapa orang yang hanya mengoleksi beberapa benda saja karena keterbatasan biaya biasanya, tapi ada juga yang mengkoleksi barang - barang dengan jumlah banyak hingga mengeluarkan biaya jutaan sampai puluhan juta. Yah namanya hobi, terserah mereka mau sampai seperti apa, karena hobi tersebut sudah menyatu dengan jiwa mereka para otaku ^o^

Berdandan ala orang Jepang dan Cosplay
Kalau kita pergi ke acara - acara J-Event atau para Japan Lover menyebutnya Matsuri, pasti sering sekali kita melihat para otaku menggunakan pakaian - pakaian yang berbau Harajuku seperti Lolita, Maid, V-Kei, Oshare Kei, Original, juga gak ketinggalan para Cosplayer yang ber-cosplay meniru karakter - karakter kesayangan mereka. Bila kita sering menjumpai semua dandanan itu di event jepang mungkin sudah biasa, tapi terkadang mereka tidak hanya berdandan pada saat event saja, sering sekali dijumpai pada kehidupan sehari - hari mereka pun sering berdandan harajuku walaupun tidak begitu mencolok, misalkan hanya bergaya pada rambutnya atau aksesorisnya saja, karena kalau terlalu full dandanan mereka akan mencolok nantinya.

Menggunakan nama orang Jepang sebagai identitas ke-otakuan kita
Nah ini yang unik, para otaku di Indonesia sudah tidak aneh lagi bila mereka memiliki J-name sebagai identitas mereka, biasanya mereka saling menyapa satu sama lain dengan teman - temannya dengan nama Jepang mereka masing - masing misalnya "Haii Yuki, apa kabar kamu" eheheheheee..
wajar saja kalau mereka melakukan itu, toh tidak dilarang juga, tapi terkadang ada beberapa orang yang sok tau sering mengata - ngatai "orang - orang yang pake nama jepang itu anak alay, lebai banget sih mereka" hahahaaaaa.. biarin aja deh, masuk kuping kiri keluar kuping kanan, coz berbeda dengan anak alay, para Otaku menggunakan nama Jepang pada panggilan mereka karena hati dan jiwa mereka yang udah jepang banget sedangkan anak alay menggunakan nama aneh - aneh karena mereka tidak menemukan jati diri mereka. Buat para otaku, lanjutkan jalan kalian, karena itulah kalian ^_^

HIKIKOMORI
Hikikomori itu biasanya sebutan untuk otaku yang gak pernah keluar rumah hingga bertahun - tahun, gak pernah bersosialisasi dengan orang - orang sekitar, dia hanya bersosialisasi lewat dunia maya, hikikomori hanya keluar jika ingin membeli barang - barang otaku karena kalau dilihat kamarnya pasti penuh dengan action figure, poster anime, dll ( kalau saya lihat di film ).
Tapi di Indonesia sulit sekali menemukan seorang Hikikomori, atau bahkan tidak ada, saya pun kurang tau, karena setahu saya, Otaku di Indonesia lebih senang berbagi hobi Jejepangannya itu kepada teman - temannya yang juga sama - sama otaku, karena akan lebih menyenangkan bila kita menjalankan hobi kita bersama orang - orang yang sehati.

0 comments:

Post a Comment

Next Prev
▲Top▲